Selasa, 13 Maret 2012

Resume Perilaku Konsumen (Kelompok 2)

Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan perilaku konsumen memiliki arti sebagai proses pemilihan barang/jasa oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.
Konsumen memiliki dua wujud yaitu Personal Consumer dan Organization Consumer.
Personal Consumer       : barang/jasanya digunakan untuk diri sendiri
Organization Consumer: barang/jasanya digunakan untuk keperluan organisasi
Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor sosial, personal, psikologi, kebudayaan, keputusan pembelian ( fully planned purchase & Partialy planned purchase ).
Pendekatan perilaku konsumen ada dua, yakni:
  1. Teori Kardinal (dapat dihitung dengan nominal)
  2. Teori Ordinal
Perilaku konsumen di Indonesia antara lain:
  • Suka produk buatan luar negeri, karena menurut mereka barang buatan luar bisa menaikkan 'status' mereka di lingkungannya.
  • Gengsi, dikarenakan konsumen di Indonesia cenderung selalu ingin kelihatan 'wah' dikalangannya dan tidak mau kalah.
  • Tidak Terencana, misalnya membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena tergiur oleh promo (diskon, buy 1 get 1, dsb).
  • Berpikir jangka pendek (suka yang instant)
  • Gagap Teknologi, misalnya seseorang membeli handphone mahal dengan fitur beragam tetapi hanya bisa menggunakannya untuk telepon dan sms saja.
  • Berorientasi pada konteks, yakni menilai dari luarnya saja.
  • Suka berkumpul
  • Beragama, yakni sangat memperhatikan isu-isu tentang agama.
  • Budaya lokal
  • Kurang peduli lingkungan, misalnya berbelanja menggunakan tas plastik

0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~