Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan perilaku konsumen memiliki arti sebagai proses pemilihan barang/jasa oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.
Konsumen memiliki dua wujud yaitu Personal Consumer dan Organization Consumer.
Personal Consumer : barang/jasanya digunakan untuk diri sendiri
Organization Consumer: barang/jasanya digunakan untuk keperluan organisasi
Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor sosial, personal, psikologi, kebudayaan, keputusan pembelian ( fully planned purchase & Partialy planned purchase ).
Pendekatan perilaku konsumen ada dua, yakni:
- Teori Kardinal (dapat dihitung dengan nominal)
- Teori Ordinal
Perilaku konsumen di Indonesia antara lain:
- Suka produk buatan luar negeri, karena menurut mereka barang buatan luar bisa menaikkan 'status' mereka di lingkungannya.
- Gengsi, dikarenakan konsumen di Indonesia cenderung selalu ingin kelihatan 'wah' dikalangannya dan tidak mau kalah.
- Tidak Terencana, misalnya membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena tergiur oleh promo (diskon, buy 1 get 1, dsb).
- Berpikir jangka pendek (suka yang instant)
- Gagap Teknologi, misalnya seseorang membeli handphone mahal dengan fitur beragam tetapi hanya bisa menggunakannya untuk telepon dan sms saja.
- Berorientasi pada konteks, yakni menilai dari luarnya saja.
- Suka berkumpul
- Beragama, yakni sangat memperhatikan isu-isu tentang agama.
- Budaya lokal
- Kurang peduli lingkungan, misalnya berbelanja menggunakan tas plastik
0 comments:
Posting Komentar
mau komen? boleh koook, silahkan~