Rabu, 26 September 2012

Pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelum kita bahas pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra ada baiknya kita mengetahui apa itu grafik dan citra. Grafik dan citra memiliki kesamaan yakni sama-sama berupa gambar. Lalu apa itu Grafik Komputer & Pengolahan Citra? Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer sedangkan pengolahan citra adalah pengolahan gambar atau usaha untuk melakukan transformasi suatu gambar dengan menggunakan teknik tertentu. Jadi simple-nya grafik komputer mempelajari penciptaan sebuah gambar dari awal sedangkan pengolahan citra mempelajari pengolahan gambar yang sudah di input/tersedia. 
Saat ini, grafik komputer dan pengolahan citra sangatlah penting seiring dengan semakin majunya bidang teknologi terutama perkembangan dunia digital. Berikut beberapa contoh pemanfaatannya dalam kehidupan kita sehari-hari.
Bidang Perancangan
Pada bidang perancangan, grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek. Biasanya menggunakan desain grafis seperti Auto Cad, 3D MAX agar semuanya berlangsung secara mudah dan spesifik dalam perancangan yang akan dibuat serta memperkecil tingkat kesalahan sehingga menghasilkan suatu model yang sama dengan aslinya.

Contoh Desain Arsitektur Bangunan menggunakan CAD
Bidang Pendidikan
Di bidang ini biasanya pemanfaatan grafik komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, dan sebagainya.

 

Contoh Presentasi Menggunakan Power Point
Bidang Multimedia dan Hiburan
Pada bidang ini, sangat banyak sekali pemanfaatannya baik pemanfaatan grafik komputer, pengolahan citra, atau keduanya. Seperti pada aplikasi permainan, pemanfaatan grafik komputer sangat dibutuhkan dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana prosesnya dapat diterapkan juga dengan tehnik pengolahan citra.

 Contoh Games Angry Birds yang Memanfaatkan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Bidang Kedokteran
Penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.

Contoh Foto Rontgen Menggunakan Bantuan Sinar X










1 comments:

Diny Fahmila mengatakan...

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Grafik Komputer, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~