Minggu, 06 Januari 2013

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Kalian pernah denger ngga kalau pasta gigi dapat menghilangkan jerawat? Aku sih pernah mempraktekkannya, dan ternyata memang lumayan ampuh. Tapi bener ngga sih ngilangin jerawat dengan menggunakan pasta gigi?

Sebenarnya, hal tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, kandungan pasta gigi memang dapat mengeringkan jerawat pada wajah.

Dilansir dari TypeF, hanya dengan mengoleskan sedikit pasta gigi, jerawat akan mengempis dan kering dalam semalam. Hal ini dikarenakan pasta gigi mengandung triclosan, salah satu bahan antibakteri aktif yang digunakan untuk menangkis gingivitis (radang gusi) dan penyakit mulut lainnya.

Antibakteri dan antijamur tersebut bukan hanya berguna untuk menjaga mulut tetap sehat, tapi juga menawarkan manfaat lain seperti melawan jerawat. Kandungan menthol dalam pasta gigi juga dapat membantu mengurangi minyak dan pembengkakan jerawat. Hanya saja, perlu Kalian tahu, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa triclosan bermanfaat bagi jerawat.

Sebelum mengoleskan pasta gigi pada wajah, Kalian juga perlu mengetahui efek sampingnya. Kandungan alkohol yang efektif untuk mengeringkan minyak, ternyata dapat membuat kulit menjadi kering.

Jadi, jika Kalian memiliki tipe kulit kering dan sensitif, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini. Kandungan dalam pasta gigi juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan memperparah jerawat. Selain itu, Kalian juga bisa merasakan kulit seperti terbakar setelah mengoleskannya.

Patrice Hyde, Kepala Divisi Dermatologi Rumah Sakit Anak duPont Alfred I, menyarankan, sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi sebagai perawatan jerawat. Ia menjelaskan risiko iritasi tidak sebanding dengan hasilnya.

Pasta gigi menjadi alternatif terakhir, jika Kalian tidak menemukan obat jerawat yang bisa mengempiskan dan mengeringkan jerawat dalam semalam. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mengoleskan pasta gigi terlalu banyak. Cukup oleskan sedikit pasta gigi tepat di ujung jerawat, bukan keseluruhan kulit.

Buat Kalian yang ngga mau ambil resiko, berikut cara mencegah timbulnya jerawat biar kalian ngga usah repot menghilangkannya hehe 

  1. Timbulnya jerawat dikarenakan lubang pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran yang bisa mengakibatkan peradangan. Kalo dibiarkan nanti bisa menyebabkan kantung nanah. Kebanyakan jerawat timbul di sekitar daerah V pada wajah anda. Jadi biasakan cuci muka setelah anda habis beraktifitas di luar rumah.
  2. Kurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak, kacang, coklat dan gorengan dikarenakan dapat mengganggu sirkulasi darah pada tubuh kita. Proses detoxitasi pun tidak lancar. Kalau bisa perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Apel dan daun kemangi bisa dijadikan pilihan dikarenakan mengandung antioksidan.
  3. Olahraga yang cukup. Dengan berolahraga menghasilkan panas tubuh bisa membuat pori-pori pada tubuh kita membuka, sirkulasi darah pun akan menjadi lancar.
  4. Perbanyak minum air. Karena dengan minum air yang banyak dapat membantu menhilangkan racun dalam tubuh, menyegarkan kulit, menambah kebugaran tubuh. [sewajarnya].
  5. Stres. Hindari stres, Banyak sumber yang aku baca pemicu timbulnya jerawat bisa dikarenakan stres. Nikmati hidup, enjoy aja ya.
  6. Kalo anda lagi punya jerawat jangan suka pencet-pencet itu jerawat, nanti bisa bikin noda hitam.
  7. Tips dan cara yang terakhir.  Banyak berdoa supaya kita gak dikasih wajah jerawatan O:)

1 comments:

Anonim mengatakan...

nyimak gan..

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~