Senin, 15 April 2013

ANALISIS KARAKTERISTIK AKUSTIK SUARA MANUSIA


Latar Belakang Penelitian
Karakteristik suara manusia terdiri dari Formant, Formant Bandwith, dan Pitch. Pitch merupakan nada dasar manusia. Pitch pada laki-laki secara umum lebih rendah daripada perempuan. Formant yang secara fisis merupakan spektrum puncak ke puncak dari suara manusia berpengaruh terhadap suara vokal yang dihasilkan dan warna dari suara dari seseorang. Formant Bandwith berpengaruh untuk membedakan suara vokal apabila ada lebih dari satu orang yang berbicara.
Dari penjelasan tersebut, maka mengetahui karakteristik suara manusia yang unik merupakan hal yang menarik untuk di teliti.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik suara manusia.

Target Penelitian 
Target penelitiannya adalah membuktikan bahwa suara manusia dipengaruhi oleh pitch, formant, dan bandwidth.

Metode Penelitian 
Dalam penelitian ini digunakan perangkat lunak Praat 5.1.05 dengan cara merekam suara vokal yang diinginkan untuk setiap orang yang berbeda. Setiap perekaman suara vokal dilakukan dengan durasi waktu kurang lebih empat detik. Dari hasil rekam suara tersebut dapat diambil data pitch, formant, dan formant bandwidth.  

Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat dilihat perbedaan pitch, formant, dan bandwidth pada setiap orang yang berbeda. Keluarnya bunyi vokal yang dihasilkan seseorang dipengaruhi oleh kebiasaan orang tersebut dalam melakukan artikulasi dalam mengeluarkan suara.   

Kesimpulan
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suara manusia adalah hal yang unik, yang dapat dilihat dari pitch, formant dan bandwidth yang berbeda-beda setiap orangnya.
Di masa mendatang tidak mustahil alat pengubah suara dapat dibuat yang nantinya dapat membantu seseorang. Seperti membantu seseorang yang artikulasi suaranya kurang jelas menjadi lebih jelas atau dapat membantu orang cadel menjadi tidak cadel.

0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~