Selasa, 16 April 2013

Media Transmisi

Media Transmisi adalah media yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sender ke receiver sehingga informasi tersebut sampai ke tujuan. Media transmisi digunakan untuk mempelajari bentuk jalur transmisi, karena media transmisi adalah path fisik antara transmitter dan receiver pada sistem komunikasi. Media transmisi memiliki berbagai tipe yang berbeda satu sama lain. Tipe media transmisi yang berbeda ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui jumlah maksimum bit yang dapat dikirim per detik atau bps. Tipe media transmisi yang akan dibahas adalah tipe yang sering digunakan pada LAN, yaitu twisted pair, kabel koaksial (baik untuk transmisi baseband maupun broadband) dan serat optik.

Jenis – Jenis Media Transmisi
1. Bounded Media atau sering disebut juga guided media (media terpandu) adalah media yang mengalirkan data melalui suatu jalur fisik tertentu. Contoh:

 Coaxial Cable

Twisted Pair Cable


Fiber Optic Cable


2. Unbounded Media atau sering disebut juga unguided media (media tidak terpandu). Bentuk transmisi dalam media ini disebut sebagai wireless transmission.

Camera Infrared

WiFi 


Hotspot 


Bluetooth


0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~