Selasa, 12 Maret 2013

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software, dan perangkat lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Berikut adalah beberapa contoh jaringan komputer berdasarkan media transmisi data.

Wired LAN
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Wireless LAN
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Model Jaringan Wireless LAN:

Wireless LAN Mode Ad- Hoc
Merupakan jaringan wireless LAN yang sangat sederhana, karena pada ad-hoc ini tidak membutuhkan access point untuk host dapat saling berinteraksi. Pada setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless agar dapat saling berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Kekurangan dari model ini adalah  keterbatasan jangkauan, komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel jaringan. Selain itu, area jangkauan pada model ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut.

Wireless Mode Infrastruktur
Jika komputer pada jaringan wireless ingin mengakses jaringan kabel atau berbagi printer misalnya, maka jaringan wireless tersebut harus menggunakan model infrastruktur. Pada model infrastruktur access point berfungsi untuk melayani komunikasi nutama pada jaringan wireless. Access point mentransmisikan data pada PC dengan jangkauan tertentu padaa suatu daerah. Penambahan dan pengaturan letak access point dapat memperluas jangkauan dari Wireless LAN pada model jaringan infrastriktur ini.






0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~