Selasa, 13 Maret 2012

Resume Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (kelompok 1)

Permintaan dapat diartikan sebagai cara para konsumen untuk memenuhi kebutuhannya baik barang maupun jasa dalam jangka waktu tertentu. Bunyi hukum permintaan yakni jika harga naik, maka permintaan akan turun (berkurang) atau sebaliknya, jika harga barang turun maka permintaan akan naik (meningkat). Faktor-faktor yang mempengaruhi permintahan yakni:
  • Pendapatan konsumen, jadi jika konsumen naik pendapatannya maka konsumen cenderung membeli banyak barang dan sebaliknya.
  • Harga barang subtitusi dan komplementer. Barang subtitusi adalah barang pengganti, sedangkan barang komplementer adalah barang pelengkap. Contoh barang subtitusi teh dengan kopi. Contoh barang komplementer televisi dengan antena.
  • Selera konsumen. Jika selera konsumen naik, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.
  • Jumlah penduduk mempengaruhi kenaikan permintaan barang.
  • Perkiraan harga kedepan. Jadi jika suatu barang misalnya diperkirakan akan naik harganya di hari nanti maka konsumen akan membeli barang tersebut dalam jumlah yang banyak di hari ini.
Penawaran adalah kemampuan produsen untuk menawarkan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen dalam periode tertentu. Bunyi hukum penawaran yakni jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, sebaliknya jika harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ada 5, yaitu:
  1. Biaya produksi
  2. Kemampuan perusahaan untuk memproduksi produknya
  3. Harapan perusahaan
  4. Ketersediaan sumber produksi
  5. Jumlah barang yang diminta oleh para konsumen
Untuk permintaan, kurvanya memiliki kemiringan negatif sedangkan untuk penawaran, kurvanya memiliki kemiringan positif. Keduanya sangat bergantung kepada harga.

0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~