Sabtu, 05 Mei 2012

Dimana Lagu Anak-Anak?

Beberapa hari yang lalu, aku bersama seorang temanku makan di KFC yang baru saja dibangun di jalan Margonda Depok yang memang tidak jauh dari kampus dan kostan kita. Eits, disini aku bukan mau ceritain KFC yang baru dibangun itu ya tapi aku mau cerita salah satu kejadian yang menurutku cukup miris. 

Jadi ketika disana, Aku dan temanku yang kebetulan kedapetan tempat duduk yang menghadap ke tempat dimana diadakannya pesta ulang tahun 2 orang anak umur 4 dan 5 tahun. Acaranya sih berjalan biasa aja seperti perayaan ulang tahun anak kecil pada biasanya, ada nyanyi-nyanyi gitu. Awal acara, si pembawa acara ngajak anak-anak yang masih kecil itu untuk bernyanyi salah satunya lagunya berbunyi "kalau kau suka hati tepuk tangan ~" aku ga tau judulnya, yaa pokoknya lagu anak-anak. Nah, pada saat games si pembawa acara nyuruh beberapa anak untuk menyanyi di depan untuk temannya yang berulang tahun. Antusias anak-anak kecil emang luar biasa kalo disuruh tampil, apa lagi kalo di iming-imingi hadiah! Lalu ketika beberapa anak maju kedepan si pembawa acara menanyakan "Hayoo, kalian mau nyanyi apa? Nyanyi lagunya 3C (penanyi-penyanyi cilik) bisa?" tetapi anak-anak kecil itu malah menjawab " Lagunya Cherrybelle! Lagunya Cherrybelle!" ada juga yang teriak "Lagu Iwa Peyek!!" Glek. Kaget aku dengernya. Dan mereka memang hafal ketika disuruh menyanyikan lagunya.

Kalo di pikir-pikir sih mereka ga salah juga hafal lagu-lagu orang dewasa, soalnya jaman sekarang di televisi emang cuma sedikit 'lapak' buat acara anak-anak. Coba kalian teliti deh, kebanyakan acara televisi jaman sekarang tuh isinya jarang yang berbobot, apalagi buat anak-anak! Kayak acara musik yang isinya kebanyakan orang-orang dewasa, kalau pun ada bintang tamunya yang anak-anak beberapa dari mereka pun lagunya bertemakan 'cinta'. Miris gak sih? Terus cerita sinetron juga udah jarang yang mendidik, jalan ceritanya pun kebanyakan ga jelas. Kartun paling cuma sekian persen jam tayangnya, sisanya? Yaa acara musik, sinetron, gosip, dsb.

Padahal waktu aku masih kecil dulu acara televisi gak gini banget deh. Masih banyak acara buat anak-anak selain kartun. Acara musik buat anak-anak juga ada. Biasanya yang nyanyi tuh Meisy, Chikita Meidy, Tasya, Cindy Senora, Trio Kwek-Kwek, Tina Toon, aaaah banyak deh penyanyi anak-anaknya! Lagu-lagu mereka pun temanya sesuai sama umur mereka waktu itu, ya ajakan untuk menabunglah, jangan ngelawan orang tua, liburan sekolah. 

Menurutku, sekarang ini perhatian orang tua lah yang paling penting. Sebaiknya orang tua melarang anak-anak mereka nonton acara-acara musik yang isinya penyanyi dewasa. Lagian jaman sekarang kan ada internet, cari lah lagu anak-anak di internet, banyak kok! Sekedar berbagi ya, aku dirumah punya keponakan yang masih berumur 1 tahun-an dan biasanya orangtua-nya atau aku download-in film anak-anak atau lagu anak-anak di internet. Kalau pun dia nonton televisi, biasanya diizinin kalo nontonnya acara anak-anak. Gamau juga kan liat anak kecil dewasa sebelum waktunya?

0 comments:

Posting Komentar

mau komen? boleh koook, silahkan~